AGENDA

Pemanfaatan Data Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Pada Selasa, 4 Desember 2018 di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri telah dilaksanakan acara bertajuk "Pemanfaatan Data dalam Perencanaan Pembangunan". Materi disampaikan oleh narasumber Musman, SH, MM (Kepala Seksi Pelayanan Data Perencanaan dan Pendanaan Pembangunan pada UPT Pelayanan Data Perencanaan dan Pendanaan Pembangunan Bappeda Provinsi Jawa Timur) dengan poin-poin sebagai berikut:

  1. Dalam perencanaan pembangunan, data berperan sebagai bahan analisis permasalahan untuk menyusun kebijakan, penetapan indikator-indikator pembangunan, serta evaluasi hasil pencapaian pembangunan.
  2. Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)
  3. Implementasi SIPD diatur dalam Permendagri No. 98 Tahun 2018 tentang SIPD.
  4. Ruang lingkup SIPD meliputi: e-Database, e-Planning, e-Monev, serta e-Reporting.
  5. Barenlitbang selaku Koordinator bersama Diskominfo sebagai Walidata serta OPD terkait sebagai Produsen Data bertugas mengelola SIPD di Kota Kediri.

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan agar aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Kediri mampu memahami dan melaksanakan tugasnya dalam menyediakan data yang berkualitas bagi terwujudnya perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkualitas pula di Kota Kediri.

Berikut ini disampaikan materi pada acara Pemanfaatan Data Dalam Perencanaan Pembangunan, di Ruang Joyoboyo, Balaikota Kediri tanggal 4 Desember 2018 dengan Narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Timur.

  1. Kebijakan e-database SIPD Jawa Timur 2018
  2. Bimbingan Teknis SIPD