Sesuai dengan potensi, tujuan  dan gerak laju pembangunan yang ingin diwujudkan dalam kurun waktu 2010-2014, visi Kota Kediri adalah “Tewujudnya Masyarakat Kota Kediri Makmur, Mandiri dan Berakhlak Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Secara filosofi visi tersebut mengandung makna :

1)    Kota Kediri adalah satu kesatuan masyarakat hukum dengan segala potensi dan sumberdayanya dalam sistem pemerintahan di wilayah Kota Kediri;

2)    Makmur, adalah kondisi masyarakat Kota Kediri yang sejahtera, serba cukup, rata-rata mampu memenuhi kebutuhan standar hidup, antara lain meliputi pendidikan, kesehatan, bahan pangan, dan papan secara adil dan demokratis;

3)    Mandiri, adalah suatu kondisi masyarakat yang memiliki nilai lebih sehingga mampu secara swadaya memenuhi kecukupan atas kebutuhan standar hidup;

4)    Berakhlaq, yaitu berbudi pekerti adalah kondisi kehidupan masyarakat yang berlandaskan moral, etika, dan nilai-nilai agama sehingga memperkokoh sendi-sendi kehidupan masyarakat dan mampu menjaga keseimbangan nilai-nilai budaya masyarakat.

Kristalisasi keinginan atau misi yang hendak diwujudkan untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Kediri Tahun 2010-2014 adalah :

1)    Meningkatkan aksesibilitas pelayanan pendidikan dan kesehatan yang murah dan bermutu untuk peningkatan derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia.

2)    Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peningkatan usaha industri, perdagangan, koperasi dan UKM yang mampu mendukung penciptaan dan perluasan lapangan kerja.

3)    Meningkatkan infrastruktur perkotaan dan penataan ruang yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

4)    Meningkatkan pelayanan publik melalui pelayanan prima dengan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan bersih (good governance) yang didukung oleh profesionalisme aparatur pemerintah.

5)    Meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, peran pemuda, pemberdayaan perempuan, kesejahteraan perlindungan perempuan dan anak, pengarusutamaan gender serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang tenteram dan tertib berlandaskan moral agama.

Sejalan dengan berlakunya Otonomi Daerah, Pemerintah Kota Kediri telah menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Perangkat Daerah dengan cara mereformasi atau merestrukturisasi kelembagaan. Reformasi birokrasi dimaksudkan untuk memenuhi perkembangan kebutuhan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan untuk mempermudah aparat pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Reformasi birokrasi juga bertujuan untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat. Penataan kembali fungsi-fungsi kelembagaan dimaksudkan agar pemerintahan dapat berfungsi secara lebih memadai, efektif, dengan struktur yang lebih proporsional, ramping, luwes dan responsif. Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur agar lebih profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Sejak tahun 2009 secara kelembagaan struktur organisasi Pemerintah Kota Kediri terdiri dari 12 Dinas, 11 lembaga teknis meliputi 6 Kantor, 3 Badan, Inspektorat dan RSUD Gambiran, 3 Asisten dan 9 Bagian yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Kediri sebagai berikut :

  1. Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja Sekretariat  Daerah Kota Kediri dan  Sekretariat DPRD Kota Kediri.
  2. Perda Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Kota Kediri.
  3. Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas  Daerah Kota Kediri.
  4. Perda Nomor 7 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kediri.
  5. Perda Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.

Struktur kelembagaan Sekretariat Daerah Kota Kediri terdiri atas :

1.   Sekretaris  Daerah

2.     Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, membawahi:

a.    Bagian Administrasi Pemerintahan Umum

b.   Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

c.   Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat

3.     Asisten Perekonomian dan Pembangunan membawahi:

a.    Bagian Administrasi Pembangunan

b.   Bagian Administrasi Perekonomian

c.    Bagian  Pusat Data Elektronik (PDE)

4.     Asisten Administrasi Umum, membawahi:

a.    Bagian Hukum

b.   Bagian Organisasi

c.   Bagian Umum

Organisasi perangkat daerah Kota Kediri secara rinci dapat dicermati pada tabel berikut ini.

Tabel 1.2 Organisasi Perangkat Daerah Kota Kediri

No.

Organisasi

Alamat

1 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jl. Jend. Basuki Rahmat no 15) 682475, Fax. 688377
2 Badan Kepegawaian Daerah Jl. Himalaya no 4Kec. Mojoroto ) 774041
3 Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Jl. Mayor Bismo no 17 ) 680086
4 Kantor Lingkungan Hidup Jl. Veteran Mojoroto
5 Kantor Perpustakaan, Arsip dan dokumentasi Jl. Diponegoro
6 Kantor Pemberdayaan Masyarakat Jl. Penanggungan 47 Kec.Mojoroto) 774344
7 Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Jl. Jaksa Agung Suprapto 30 Mojoroto) 771744
8 Kantor Pelayanan Perijinan Jl. Basuki Rachmat 15 ) 682345
9 Kantor Ketahanan Pangan Jl. Brigjen Pol Imam Bachri
10 Inspektorat Jl. Sekartaji no 10 ) 687305
11 Rumah Sakit Daerah Jl. KH Wachid Hasyim Bandar Lor Kediri
12 Dinas Pendidikan Jl. Mayor Bismo no 10-12
13 Dinas Kesehatan Jl. Kartini No 7Kec.Kota ) 682001
14 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jl. Supersemar
15 Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Jl. Brigjen Imam Bachri
16 Dinas Pekerjaan Umum Jl. Kompol Imam Bachri Pesantren Kediri
17 Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jl. Semeru 55 Kec.Mojoroto) 773157
18 Dinas Koperasi dan UMKM Jl. Kompol Imam Bachri Pesantren Kediri
19 Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Jl. P Kusuma Bangsa 97Kec.Kota ) 687127
20 Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi Jl. Penanggungan no 7Kec.Mojoroto )  771908
21 Dinas Pertanian Jl. Brigjen Imam Bachri 98AKec.Pesantren ) 685184
22 Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jl. KPD Slamet 33 Kec.Mojoroto)  773157
23 Dinas Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan Jl. Mayor Bismo no 4 Kec.Kota )  682336

Selanjutnya dilingkungan Pemerintah Kota Kediri juga terdapat instansi yang tugas dan fungsinya selain melayani masyarakat sekaligus sebagai sumber keuangan daerah dalam bentuk perusahaan daerah. Pemerintah Kota Kediri memiliki 3 (tiga) lembaga perusahaan daerah yaitu :

  1. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  2. PD. BPR Kota Kediri
  3. PD. Pasar Joyoboyo

 

Sumberdaya manusia (SDM) merupakan asset bagi suatu organisasi dan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan mewujudkan tujuan organisasi. Oleh karena itu pemerintah Kota Kediri selalu melakukan pengelolaan sumberdaya aparatur yang dimiliki secara komprehensif dan berkesinambungan.

Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Kediri secara keseluruhan pada tahun 2011 sebanyak 7.007 orang, sebanyak 50,41% atau 3.532 orang diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 49,59% atau 3.475 orang berjenis kelamin perempuan.

 

Adapun jumlah PNS berdasarkan jenis jabatan dan golongan ruang pada tahun 2011 sebagaimana tabel dan grafik dibawah ini.

Tabel 1.3 Jumlah PNS berdasarkan Jenis Jabatan

No

Jenis Jabatan PNS

Jumlah PNS

Laki-laki (L)

Perempuan (P)

L+P

1

Fungsional Umum

1856

1256

3112

2

Fungsional Tertentu

1223

1993

3216

3

Eselon I

0

0

0

4

Eselon II

22

4

26

5

Eselon III

73

31

104

6

Eselon IV

358

191

549

7

Eselon V

0

0

0

 Jumlah

3532

3475

7007

        Sumber : BKD Kota Kediri,2011

 Gambar 1.1  Jumlah PNS berdasarkan Golongan

grafik pns

  Sumber : BKD Kota Kediri, 2011